Keunikan khusus Honda BR-V

23.46.00

Sejak Honda Brio pertama kali diluncurkan pada 2010, pergerakkan Honda menyentuh pasar masyarakat kelas menengah ke bawah kian gencar. Dimulai dari diluncurkannya Brio Satya di tahun 2013 sebagai peserta di program LCGC milik pemerintah Indonesia, lalu Mobilio yang merupakan versi MPV 7-seater dari Brio, dan terakhir BR-V di mana Mobilio dikembangkan menjadi sebuah SUV.
Jika Honda Brio menjadi hatchback termurah Honda, dan Mobilio adalah MPV termurahnya, maka BR-V adalah SUV termurah Honda yang dijual dengan harga mulai Rp 227,5 juta (OTR Jakarta). Kehadiran BR-V pun disambut antusias masyarakat.
Baru beberapa bulan sejak diluncurkan,Honda BR-V menjadi penyumbang penjualan tertinggi bagi Honda setelah meraih penjualan sebesar 4.536 unit pada bulan April 2016. Hingga akhir April lalu, Honda BR-V telah terjual sebanyak 22.827 unit di seluruh Indonesia sejak peluncurannya.
Lalu apa yang akhirnya membuat BR-V menjadi kian diminati masyarakat Indonesia. Pertama, BR-V memiliki komposisi harga yang menarik. SUV teranyar Honda ini dibanderol dengan harga mulai Rp 227,5 juta hingga Rp 262,5 juta (otr jakarta). Harga tersebut terbilang terjangkau untuk sebuah SUV 7-seater, dengan kombinasi mesin 1.5 liter VTEC bahkan transmisi otomatis CVT.
Kedua, yang membuat BR-V pantas diminati adalah daya angkutnya yang mumpuni. Dengan kabin lapangnya, 7 orang dewasa dapat diangkut BR-V. Aksesnya pun didukung pelipatan bangku yang mudah dengan one touch tumble. Tak hanya itu, meski tubuhnya terbilang kompak, maksimalisasi ruang bisa dilakukan dengan mereduksi ketebalan jok yang tak mengurangi kenyamanan, dan meningkatkan kelapangan kabin.
Ketiga, BR-V memiliki postur gagah layaknya SUV. Didukung ground clearance yang tinggi, 201 mm, jalanan dengan medan yang lebih beragam bisa dilewati. Sosoknya pun tangguh dengan penebalan bodi di setiap sisinya dengan material berwarna kontras.
Sudah menjadi ciri khas Honda untuk menyajikan mobil dengan efisiensi bahan bakar, maka mesin SOHC 1.5 liter 4-silinder pun disajikan dengan penggerak roda depan. Inipun demi menjaga ciri khas handling Honda yang terkenal fun to drive. Produksi tenaga 120 PS dari mesin tersebut terbilang lebih dari cukup untuk penggunaan dalam kota dan sedikit menjelajah medan yang berkontur.
Tenaga tersebut dialirkan lewat transmisi CVT dengan teknologi terdepan Honda, Earth Dream Technology. Lewat transmisi ini, tak akan terasa perpindahan gigi setiap peningkatan kecepatan. Aplikasi belt dengan puli unik yang menggantikan roda gigi membuat penyaluran tenaga dari mesin ke roda pun lebih halus. Alhasil pengendaraan lebih asyik, dan penumpang pun nyaman.
Sebagai sebuah mobil modern, Honda tak melupakan fitur-fitur terkini yang mereka miliki. Untuk eksterior misalnya, tersedia lampu projektor dengan LED positioning lamp yang sekaligus membuat tampilan wajah BR-V mempunyai karakter khas.
Di kabin, headunit canggih menawarkan konektivitas yang sangat luas. Smartphone Anda bisa dikoneksikan melalui Android Mode ataupun HDMI Mode. Semuanya bisa dilihat di layar besar 6,1 inci dengan sistem touchscreen. Headunit ini juga menyalurkan partikel elektrostatik berukuran nano untuk memperbaiki kualitas udara di dalam kabin.
Berbagai faktor tersebut tentu menjadikan BR-V sebagai SUV yang ekonomis namun bertabur keunggulan.

You Might Also Like

0 komentar